Onion Club - Onion Head - Onion-kun

21 Oktober 2012

Kisah Biji Mangga

Diposting oleh Hanifa Vidya Rizanti di 09.35
Assalamualaykum, halo pembaca :D

Hari ini, tepatnya pagi ini, aku dapet rejeki. Ceritanya hari Jumat kemarin, aku dititipin mangga dari sodaranya salah satu temen kosku. Temenku, sebut saja Betha (apasih, Vi?) menitipkan mangga-mangganya sama aku selama 2 hari karena dia masih liburan. Sebenernya, anak ini nitipin mangga ke orang yang salah, soalnya aku suka banget mangga!

Tapi enggak berani nyentuh sebijipun, takut dosa, akhirnya berbuah nikmat #ceileh. Pagi ini Betha dateng mau mengambil kembali ketiga mangganya. Ternyata eh ternyata aku dihadiahin salah satu mangga itu. Kata dia, mangga itu dari sodaranya di Tulungagung.

Oke, sampai sini aku nggak paham apa hubungannya Tulungagung sama mangga itu untuk aku. Pokoknya aku seneng banget. Sujud syukur dan jingkrak-jingkrak dalem hati. (gimana tuh ya?)


Maunya foto mangga sebenernya, cuma udah ludes.

Alhamdulillah, mangga arumanis.

Langsung aja, habis makan siang menyiapkan peralatan tempur: pisau, kresek sampah, dan piring.  Aku mulai ngupas mangga gendut ini. Kalau makan mangga gini, biasanya di Bontang, selalu dikupasin sama Mamah. Semua yang di rumah, tanpa terkecuali, suka banget sama mangga. Setiap Mamah ngupasin dan motongin mangga, pasti nggak pernah bersisa.

Walau Mamah yang ngupasin mangga, Mamah pasti cuma makan bijinya. Kadang di bijinya ada sisa daging mangga masih nempel, Mamah suka makanin itu sampai tinggal bijinya aja.

Pernah Mamah kusuruh makan potongan mangganya, Mamah tetep milih ngerikiti (tau ngerikiti, nggak?) biji mangga itu. Emang apa enaknya biji mangga?

Singkat cerita, manggaku sudah dikupas dan dipotong-potong. Siap dilahap! Masih ada sisa biji mangga. Kalo ada Mamah di sini, pasti dikerikiti dengan senang hati. Jadi penasaran, emang apa rasanya biji mangga itu?

Iseng-iseng, aku ngerikiti itu biji mangga, ikut-ikut Mamah. Boro-boro dikerikiti, daging mangganya aja dikiiit banget. Rasanya kayak nggak makan apa-apa. Biasanya Mamah nyedot biji mangga itu dikit-dikit. Aku ikut-ikut.

Subhanallah, ternyata biji mangga itu... PAHIT, CUY!


Nggak pake mikir lagi, biji mangga itu aku buang di kresek sampah bersama kulit-kulitnya.

Entah mangganya yang salah, atau lidahku yang salah, atau lidahnya Mamah yang salah. Pahitnya bukan pahit nyesek kayak obat sih, cuman pahit biasa tapi kayak pahit getah gitu lho! Pahit yang bikin nggak enak lidah dan langit-langit mulut.

Kemudian, setelah membuang kresek itu ke tempat sampah, cuci tangan, aku makan potongan mangga seger itu sambil mikir,

“Kenapa, ya, Mamah cuma makan bijinya mangga? Kan Mamah yang ngupas, kenapa nggak ikut makan daging buahnya juga?”

Jawaban yang terlintas di benakku adalah mungkin, karena di rumah, Papa, aku, Sisi, Nadhil, semuanya suka mangga.

*hening* *krik-krik jangkrik*

Kalo aku nanti berkeluarga,  punya  banyak anak, dan serumah suka mangga, apa aku rela hanya mencicipi daging buah yang menempel di biji mangganya saja? :’)


6 komentar:

Hendro P.S on Oktober 21, 2012 mengatakan...

aku juga suka ngrikiti biji mangga vi,, tapi gk pait kok vi,,

mungkin kamu dapetnya pas yg pait :D
justru sisa2 nya biasanya manis + ada kecut nya dikit :D

Hanifa Vidya Rizanti on Oktober 21, 2012 mengatakan...

iya kali ndro, aku salah ambil yg pait :p iya manis-pait gitu ndro :(

Anonim mengatakan...

makan ulatnya aja vi, lebih bervitamin #eh

Hanifa Vidya Rizanti on Oktober 26, 2012 mengatakan...

siapa nih? tega banget :))

Anonim mengatakan...

lha bangsa ayam kan bisa makan ulet :p

Hanifa Vidya Rizanti on Oktober 28, 2012 mengatakan...

siapa iki yes, orang yang tau aku suka anak ayam :o

Posting Komentar

 

VINIVIDIVIVI Copyright © 2009 Baby Shop is Designed by Ipietoon Sponsored by Emocutez